Selasa, 29 Maret 2016

Dana Hari Tua

ini beberapa alasan penting untuk mempersiapkan dana hari tua

Semakin bertambah usia dan memasuki usia senja, maka produktifitas yang berkurang pun tak bisa dihindari. WHO dalam situs resminya menyebutkan bahwa usia senja untuk wanita berkisar antara usia 45 dan 55 tahun, serta 55 hingga 75 tahun untuk pria. 
Ketika berusia muda, dengan mudahnya kita  dapat menanggung biaya hidup sendiri atau bahkan biaya hidup keluarga. Namun ketika usia senja datang penurunan ketahanan fisik tak bisa diindahkan, penyakit akan lebih mudah menyerang, sementara biaya perawatan kesehatan cenderung meningkat. Bayangkan apabila kita mendadak dirawat di rumah sakit yang perlu tindakan pembedahan, lalu kita tidak memiliki cukup persiapan dana untuk hal itu, maka tentu hal ini merepotkan kita dan orang-orang terdekat kita. Biaya perawatan rumah sakit ketika kita sudah tua nanti tentu berbeda jauh dengan biaya saat ini.  Dengan begitu alangkah bijaknya apabila sejak dini memulai mempersiapkan perencanaan hari tua.
Bagi pekerja pemula, menyiapkan dana hari tua memang belum menjadi prioritas. Namun hal ini justru merupakan saat yang tepat bagi anda mempersiapkan dana hari tua. Terlebih bila anda telah menikah dan memiliki anak. Untuk menyambut usia senja nanti, terdapat beberapa alasan penting agar kita segera mempersiapkan dana jaminan hari tua.  
Tiap orang tentu tidak akan selamanya bekerja. Semakin bertambah usia maka kesempatan kita untuk bekerja akan semakin kecil.. Jika seseorang pensiun, tentunya mereka tidak ingin menggantungkan kebutuhan hidup pada anak-anaknya karena mereka juga memiliki kebutuhan masing-masing.
Semakin dini kita persiapkan dana hari tua, semakin dekat kita dengan masa depan impian. Mulailah sedini mungkin ketika masih muda dan produktif, karena semakin kita menunda untuk menabung dana hari tua, semakin sulit untuk mengumpulkan biaya hidup untuk masa hari tua nanti. 

Tidak ada komentar: