Senin, 22 Februari 2016

Lima julukan nabi Ibrahim AS :

 Lima julukan nabi Ibrahim AS :

1. Khalilullah artinya : kekasih Allah, karena nabi Ibrahim AS selalu mengutamakan perintah-perintah lain termasuk perintah akal dan perintah perasaannya, dan tidak pernah resah terhadap segala sesuatu karena nabi Ibrahim AS selalu bergantung kepada Allah SWT.

2. Abul Anbiya artinya : bapak para nabi, karena banyak nabi dan rasul lahir dari garis keturunan nabi Ibrahim AS.

3. Abu Dhaifan artinya : bapak para tamu, karena nabi Ibrahim AS suka menjamu para tamu yang datang ke rumah beliau.

4. Abu Tauhid artinya : bapak agama tauhid, karena nabi Ibrahim AS selalu istiqomah dan kokoh dalam mentauhidkan agama Allah SWT dan memberantas kemusyrikan, walaupun berakibat buruk untuk keselamatan diri beliau sendiri.

5. Qalbun Salim artinya : hati yang bersih, karena nabi Ibrahim AS mempunyai hati yang sangat mulia.                       

 Nabi Ibrahim adalah seorang nabi Ulul Azmi yang mempunyai Julukan Khalilullah (kekasih allah), Ulul Azmi adalah gelar/kedudukan khusus  yang diberikan pada seorang Nabi/Rasul yang mempunyai ketabahan dan kegigihan yang Luar biasa saat menyebarkan ajaran Islam. Sedangkan Julukan Khalilullah adalah kedudukan yang diberikan Allah kepada nabi Ibrahim sesuai dengan Al-Qur’an Surat annisa : 125.


Begitu besarnya penghargaan Allah terhadap beliau hingga saat ini kita kaum muslimin selalu menyebut namanya setiap kali shalat, disamping nama nabi kita Muhammad SAW. Beliau tidak pernah musyrik, dari kecil beliau dikaruniai ketajaman pikiran, dan kemampuan menganalisa kesesatan kaumnya, bahkan Bapaknya sendiri.

Tidak ada komentar: