Kamis, 21 Agustus 2008

63 Tahun Negriku (2)




Negriku Alhamdulillah diawasi dari berbagai sektor dan kepentingan, diurus oleh berbagai menteri dan pejabat. Dari pusat hingga daerah para aparatur negara mengelola dengan menunjukkan baju seragam yang kelhatan serius.
Wahai 63 tahun Negriku, sedikit saja yang bisa aku sampaikan kepada negriku dan biarlah orang lain yang menyampaikan lain hal.
Di pasar - pasar tradisional, tempat belanja para ibu dan sebagian kecil bapak, banyak toko-toko yang menjual makanan kering, kue-kue dengan penuh pengawet, 'ciki-ciki' an, jajanan kering, dan banyak pula jajanan anak-anak dengan berbagai merek yang tidak terkenal dan bahkan tanpa merek. Makanan dan jajanan ini jelas terang-terangan tanpa izin dinas kesehatan, toko-toko yang menjajakan seperti gudang, segitu besar dan banyaknya. Makanan dan jajanan tidak sehat ini sering mangkal di depan sekolah-sekolah tk - sd - smp sampai sma. Ok lah anak yang sudah smp ato sma bisa mereka hindari, tapi serbuan jajanan tidak sehat ke tk sd ini menyulitkan orang tua tuk mengawasinya lebih jauh. 1 - 2 orang tua bisa, 1 - 3 - 100 sekolah orang-orang kaya, sekolah unggulan, sekolah ketat, itu bisa dihindarkan. Namun itu hanyalah 10 % di negri ini 90% sekolah 'miskin' ini sana sini diserang oleh jajanan tidak sehat bahkan beracun.
Lalu siapa lagi yang bertanggung jawab akan pengawasan ini, menteri kah, aparat kah, pemerintah kah, pejabat kah, orang tua kah, sekolah kah.
Pasti masing-masing akan saling tuding. ............................................. Tapi produk-produk ini lagi-lagi dikuasai oleh orang-orang ras tertentu di negri ini, dari produk sampo. sabun, kosmetik palsu sampai ke jajanan anak dan ini sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu.
Ada kemushilan yang tidak bisa aku pikirkan, sekian lama Indonesia merdeka, sekian lama pula hal itu berlangsung, sebagaimana sekian lamanya tindakan korupsi di negri ini.
Anak-anak ku di kampung dan anak-anak saudara ku di kampung yang sekolah di sekolahan biasa, mereka jadi korban jajanan tidak sehat. MEREKA TIDAK BISA MENIKMATI KEMERDEKAAN..... MERDEKA DARI KERUSAKAN DARI JAJANAN BERACUN.

Tidak ada komentar: